Sejarah Suku Jawa Yang Masih Misterius

Sejarah Suku Jawa Yang Masih Misterius

By in Sejarah on 23 April 2017

Ensiklopedia.org – Teori mengenai asal usul suku Jawa yang pertama dikemukakan oleh para arkeolog yang menyebutkan  apabila nenek moyang suku Jawa terbukti pribumi yang tinggal sejak satu juta tahun yang lalu di pulau Jawa.

Berdasarkan penelitian yang mendalam, mereka sudah menemukan berbagai fosil semacam Pithecanthropus Erectus serta Homo Sapiens. Kedua fosil tersebut diperkirakan merupakan manusia purba yang menjadi nenek moyang suku Jawa. Seusai dijalankan perbandingan, DNA manusia purba tersebut nyatanya terbukti tidak tidak sama jauh dengan manusia suku Jawa  sekarang.

Tidak sama dengan pendapat para arkeolog, para sejarawan justru menyebutkan apabila asal usul suku Jawa berasal dari orang-orang Yunan, China masa lampau yang mejalankan pengembaraan ke seluruh wilayah nusantara. Pendapat tersebut  terlalu terkait erat dengan teori asal usul nenek moyang bangsa Indonesia serta mempunyai lumayan  lumayan banyak bukti kuat. Ada suatu  tulisan kuno yang berasal dari India menyebut apabila berbagai pulau di Nusantara tergolong juga Nusa Kendang sebutan pulau Jawa pada zaman itu merupakan tanah yang menyatu dengan daratan Asia serta Australia. Pulau Jawa serta berbagai pulau lainnya kemudian terpisah oleh meningkatnya permukaan air laut dalam jangka waktu yang lama. Adapun dalam tulisan tersebut disebutkan pula bahwa seorang pengembara bernama Aji Saka merupakan orang yang pertama kali menginjakan kaki di daratan Jawa tersebut. Ia menetap di sana bersama berbagai orang pengawalnya serta menjadikan mereka sebagai nenek moyang orang dari suku Jawa.

Asal usul nenek moyang suku Jawa juga disebutkan dalam Babad Kuno tanah Jawa. Dalam babad tersebut diceritakan bahwa seorang pangeran dari kerajaan Kling bersama para pengikutnya yang tersisih dampak perebutan kekuasaan membuka lahan baru di suatu  pulau terpencil serta belum berpenghuni. Mereka hidup menetap serta berkoloni membentuk suatu  kerajaan baru di sana serta membangun peradabannya sendiri. Kerajaan tersebut pada masa selanjutnya dikenal dengan nama Javaceckwara.

Sejarah mengenai asal usul suku Jawa juga ditemukan dalam suatu  surat kuno dari Keraton Malang. Dalam surat itu disebutkan bahwa asal usul orang Jawa dimulai ketika Raja Rum yaitu raja dari kesultanan Turki pada 450 tahun SM mengirim rakyatnya untuk membuka lahan di pulau kekuasaannya yang  belum berpenghuni. Para rakyat yang dikirim terbagi menjadi berbagai gelombang tersebut merasa  terlalu bahagia sebab menemukan pulau yang  terlalu subur. Tanaman mudah hidup serta bahan pangan mudah ditemukan. Salah satu tanaman yang  lumayan banyak tumbuh liar di pulau tersebut merupakan tanaman Jawi. Oleh orang-orang yang datang, nama tanaman tersebut kemudian dijadikan nama pulau tersebut, Pulau Jawi.

Nah, itulah berbagai teori mengenai asal usul suku Jawa di Indonesia serta perkembangannya. Teori mana yang lebih Anda yakini  kebenarannya?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *