[Harus Tahu] Inilah Panemuan Terbesar Sepanjang Sejarah

By in Sejarah on 31 Maret 2017

Sepanjang sejarah manusia, zaman dulu orang masih terbiasa memakai peralatan sederhana untuk menjalankan kehidupan mereka tetapi kemudian mereka banyak belajar dan menemukan sesuatu yang baru. Banyak hal yang ditemukan dan menjadi suatu yang dapat merubah hidup manusia. Berikut daftar 11 penemuan ini, yang tanpanya niscaya kita masih hidup dalam peradaban yang tidak semaju sekarang.

API

 

Penemuan Terbesar Sepanjang Sejarah

Dahulu api ditemukan secara tidak sengaja, menurut beberapa peneliti api ditemukan ketika petir menyambar pohon dilingkungan sekitar mereka. lambat laun manusia primitif dulu mulai belajar membuat api sendiri dengan cara menggesek-gesekan batang kayu ataupun batu yang saling dibenturkan hingga menimbulkan percikan api. penemuan api mendorong peradaban lebih maju saat itu karena mulai ada sistem memasak, berburu modern dan penerangan.

BAHASA

Penemuan Terbesar Sepanjang Sejarah

Setelah api ditemukan, orang dulu mulai berkumpul mendekati sumber api yang dibuat karena takut gelap dan keinginan untuk berinteraksi. Supaya bisa berkomunikasi dengan baik maka terciptalah yang kita sebut “bahasa” saat ini. Perkembangan peradaban semakin pesat dan penyebaran komunikasi antar manusia ke seluruh belahan bumi. Setiap daerah memiliki ciri khas dari bahasanya masing-masing.

RODA

Penemuan Terbesar Sepanjang Sejarah

Orang zaman dulu banyak tersebar di beberapa daerah, dengan terciptanya bahasa mereka berkeinginan untuk dapat berinteraksi dengan orang diluar daerahnya, namun kondisi darat yang masih susah untuk dilalui membuat mereka berpkir bagaimana agar dapat melalui jalan itu.Akhirnya terciptalah benda bundar yang ditengahnya terdapat poros yang kita sebut roda, orang dulu membuat roda masih sederhana dan dari kayu, alat transportasinya pun masih sederhana berupa kereta yang ditarik oleh kuda atau keledai. Sekarang roda banyak terbuat dari lempengan besi dan karet yang jauh lebih tanggu dan tidak mudah rusak.

ALAT KOMUNIKASI

Penemuan Terbesar Sepanjang Sejarah

Untuk menjangkau daerah yang lebih jauh, selain mereka sudah bisa bepergian dengan ditemukannya roda, orang dulu berusaha mencari sarana lain untuk menunjang komunikasi mereka. Maka terciptalah alat komunikasi berupa telepon.

Umumnya penemu telepon yang lebih dikenal masyarakat adalah Alexander Graham Bell, tetapi sepertinya sejarah harus ditulis ulang karena penemu sebenarnya adalah seorang imigran dari Firenze (Florence), Italia yang bernama Antonio Meucci Antonio Santi Giuseppe Meucci, (13 April 1808—18 Oktober 1889) yang telah menciptakan telepon pada tahun 1849 dan mematenkan hasil karyanya pada tahun 1871. Selama ini, Alexander Graham Bell dikenal sebagai bapak telepon, tetapi pada tanggal 11 Juni 2002 di kongres Amerika Serikat, Antonio Meucci ditetapkan sebagai penemu telepon. Karena beliaulah tercipta alat komunikasi modern yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini untuk kehidupan sosial.

MESIU

Penemuan Terbesar Sepanjang Sejarah

Zaman dulu orang primitif sudah ada yang berperang karena memperebutkan wilayah atau sumber makanan. Mereka berperang dalam jarak dekat dan masih menggunakan alat sederhana berupa panah, tombak dll membuat mereka berpikir untuk bisa membuat sesuatu yang bisa digunakan pada jarak jauh. Penemuan bubuk mesiu atau bubuk hitam yang sekarang dijadikan alat peledak diperkirakan dari hasil percobaan-percobaan kimia selama berabad-abad. Mesiu terbuat dari campuran belerang, arang dan kalium nitrat, yang dapat membakar dengan sangat cepat dan menjadi pendorong pada senjata api. Kalium nitrat sudah ditemukan oleh ahli kimia dari China pada abad ke-9 ketika sedang membuat ramuan kehidupan abadi dan dituliskan pada tahun 492 dalam sebuah tulisan tentang kimia dari China bahwa kalium nitrat menghasilkan api ungu bila dibakar. Ditemukannya bubuk mesiu dibarengi dengan dibuatnya senjata api dan juga meriam sebagai senjata jarak jauh yang dapat digunakan dalam berperang.

KERTAS DAN MESIN CETAK

Penemuan Terbesar Sepanjang Sejarah

Kertas ditemukan pada abad ke 2 oleh Tsai Lun atau Cai Lun, namanya termasuk dalam “100 Penemu Terbesar Dunia”. Beliau membuat kertas dari bahan kulit pohon Morus atau Murbei kemudian di rendam dalam air lalu dipukul-pukulkan sampai seratnya terlepas dari kulitnya dan diberikan cairan Rami, setelah itu dijemur sampai kering. Kita jadi tahu siapa penemu kertas namun tidak diketahui siapa penemu tinta. Dengan adanya kertas dan tinta orang dulu dapat bertukar pesan dan mencatat hal penting.

Di jaman Rasullah SAW, masih menggunakan daun lontar sebagai kertas untuk menulis ayat Alquran sebagai wahyu yang diturunkan Allah SWT. Di Eropa, kertas menjadi sangat penting ketika Johannes Gutenberg menemukan mesin cetak pada tahun 1460an yang kemudian kertas menjadi tenar di tahun 1500an keatas. meski penemuan Tinta, Pensil, Pulpen, Spidol, dll itu penting juga, tapi tidaklah berarti tanpa kertas.

BESI

 

Penemuan Terbesar Sepanjang SejarahPada abad ke 7, Allah SWT sudah menjelaskan dalam AlQuran surat AlHadid ayat 25,  “…Dan Kami turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia ….” (QS. 57 : 25) . Berarti besi bukan berasal dari bumi, hal ini dikuatkan oleh penemuan astronomi modern yang telah mengungkap bahwa logam besi yang ditemukan di bumi kita berasal dari bintang-bintang raksasa di angkasa luar. Bintang-bintang yang jauh lebih besar dari matahari, yang suhunya mencapai beberapa ratus juta derajat memiliki unsur besi. Ketika jumlah besi telah melebihi batas tertentu dalam sebuah bintang, bintang tersebut tidak mampu lagi menanggungnya, dan akhirnya meledak melalui peristiwa yang disebut “nova” atau “supernova”. Akibat dari ledakan ini, meteor-meteor yang mengandung besi bertaburan di seluruh penjuru alam semesta dan mereka bergerak melalui ruang hampa hingga mengalami tarikan oleh gaya gravitasi benda angkasa.

MESIN

 

Penemuan Terbesar Sepanjang SejarahSaat belum diitemukan mesin orang dulu hanya mengandalkan tenaga manual seperti menggunakan hewan atau tenaga manusia untuk mengerjakan segala sesuatu. Cara seperti ini memang merepotkan dan kurang efisien tetapi saat terjadi revolusi industri di Inggris keadaan menjadi berubah dengan ditemukannya mesin untuk membantu memudahkan proses produksi di pabrik-pabrik. Lambat lain perkembangan mesin semakin berkembang pesat dan merambah ke berbagai sektor.

LISTRIK

 

Penemuan Terbesar Sepanjang SejarahTanpa listrik dunia jadi gelap, dahulu cahaya hanya bersumber dari lilin dan lampu minyak. William Gilbert adalah pencetus istilah “Listrik” pertama,berdua dengan Benjamin Franklin (seorang politikus) melakukan ujicoba dengan menggunakan layang-layang yang diterbangkan tinggi di musim hujan, layang-layang tersebut disangkutkan padda kunci logam dengan benang, saat petir menyambar layangan, aliran listrik mengalir melalui benang. Pada tahun 1821 akhirnya listrik dapat digunakan dengan optimal setelah ditemukannya motor listrik oleh Michael Faraday.

UANG

Penemuan Terbesar Sepanjang Sejarah

Dahulu manusia untuk dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan saling bertukar barang yang dinamakan barter. Namun setelah ditemukan uang (masih berupa koin emas dan perak), sistem barter menghilang dan ini lebih efisien. Uang selain sebagai alat pertukaran jual beli juga sebagai simbol status. kekayaan dinilai dari banyaknya uang yang dipunya. Tahun 1661 “Uang Kertas” resmi digunakan di negara Eropa, hingga ke jaman sekarang.

WORLD WIDE TRANSACTION

Penemuan Terbesar Sepanjang Sejarah

Penemuan yang paling modern adalah sistem transaksi maya yang menciptakan sistem bisnis dan pertukaran uang yang sangat baru, contoh saham, investasi, dll. Selain itu penemuan ini menghasilkan sistem pembayaran melalui kartu kredit yang menjadi terobosan system popular di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *