Masjid Ramlie Mushofa

Megahnya Masjid Di Indonesia Yang Mirip Taj Mahal

By in Islam on 10 Maret 2017

Di Indonesia khususnya di Jakarta banyak terdapat masjid yang indah, salah satunya masjid di daerah Jakarta Utara yang megah dan mirip masjid di India – Taj Mahal yang diberi nama Masjid Ramlie Musofa. Masjid yang berada di kawasan elit dan beralamat lengkap di Jalan Danau Sunter Selatan

Tanjung Priok, Jakarta Utara ini dibagun pada tahun 2011 dan baru diresmikan pada tanggal 15 Mei 2016. Bangunan megah nan indah yang menghadap danau, setinggi empat lantai ini dibangun oleh Pak Haji Ramlie, seorang Mualaf Indonesia keturunan Tionghoa yang rumahnya tidak jauh dari lokasi mesjid ini. Adapun nama Musofa diambil dari singkatan nama ketiga anaknya yaitu Muhammad, Sopian, dan Fabian.

Banyak Unsur Mandarin

Arsitektur bangunan ini terbilang unik karena di beberapa bagiannya terdapat unsur Mandarin. Pada bagian depan masjid di dinding sebelum menaiki tangga, akan terlihat potongan ayat dari surat Al-Qari’ah. Di sisi kanan kiri tangga masuk terlihat surat Al-Fatihah dengan menggunakan tiga bahasa, yakni Arab, Mandarin dan Indonesia.

 

Tak hanya itu, fasilitas tempat wudhu yang sangat nyaman tak jauh dari pintu masuk masjid dengan dinding dihiasi gambar langkah-langkah berwudhu yang benar, mulai dari niat, doa sebelum dan sesudah berwudhu dan juga tata cara berwudhu yang benar dalam tiga bahasa juga.

Masjid Ramlie Musofa

 

Atribut Kemegahan Masjid

Bangunan bercat putih dengan pintu masuk berada di lantai dua, nama “RAMLIE MUSOFA” bertuliskan dalam bahasa Indonesia dan aksara Mandarin berplat kuning cerah. Di dalamnya jajaran lampu pijar yang membuat semakin terlihat megah, ditambah di dalam kubah bertuliskan Allah dalam bahasa Arab. di samping kanan pintu masjid akan terlihat bedug yang cukup besar dan di tempat terpisah.

Masjid ini membuat warga sekitar terkejut, karena dalam pembangunannya ditutup dengan penghalang seng. Saat selesai dan sudah rapi, masjid begitu mirip dengan Taj Mahal di India, serupa tapi tak sama namun tidak kalah indahnya. Membuat jamaah betah berlama-lama di dalam masjid. Keinginan Pak Haji Ramlie untuk memuliakan rumah Allah sudah terwujud dan menjadi salah satu masjid termegah di Jakarta.

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *