Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

By in Islam on 19 November 2016

Masjid Nasional Al Akbar SurabayaMasjid nasional Al Akbar terletak di Surabaya, Jawa Timur. Masjid ini merupakan salah satu masjid besar di Indonesia yang diresmikan pemakaiannya oleh Presiden Abdurrahman Wahid pada Jumat 13 Sya’ban 1421 H/10 November 2000 M. Masjid yang mampu menampung lebih kurang sekitar 30.000 jemaah ini memiki luas 13 hektare. Hampir dua hektare tanah di masjid ini dipergunakan untuk pembangunan jalan akses ke masjid. Bangunannya terdiri atas dua lantai dengan total luas 28.000 meter persegi. Lantai pertama masjid ini untuk kegiatan ibadah. Lantai keduanya untuk ruang pertemuan dan kantor. Adapun ruang di bawah tanah masjid seluas 10.000 meter persegi ini digunakan untuk sekolah, playgroup, taman kanak-kanak. dan juga sekolah dasar.Selain Itu, masjid ini juga dilengkapi dengan perpustakaan dan pelbagai sarana umum lainnya.

Semula pembangunan masjid ini digagas oleh Sunarto Sumoprawiro, Wali Kota Surabaya saat itu, dan mulai direalisasikan pada 1416 H/1995 M. Masjid ini memiliki beberapa keunikan, salah satunya adalah atapnya. Atap masjid ini terdiri atas sebuah kubah besar dan empat limasan piramida.  Semuanya terbuat dari logam yang pengecatannya menggunakan slstem oven dengan panas 800 derajat. Tinggi kubah dari lantai sampai puncak kira-kira berjarak 6
meter dengan garis tengah kubah utama sepanjang 30 meter. Selain itu, masjid ini juga dilengkapi dengan menara setinggi 9 meter di sebelah utara. Tinggi menara Itu didasarkan atas jumlah 99 dari Asmaul Husna (99 nama indah Allah). Sementara itu, pintu dan bagian interior masjid ini dihiasi dengan ornamen kaligrafi yang didominasi geometri. Namun, di bagian mimbarnya dikombinasi ukiran model Jawa-Madura yang menampilkan lengkung yang sangat indah.

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *