Hamid Fahmy Zarkasy

Hamid Fahmy Zarkasy Berjuang Lawan Paham Sepilis

By in Islam, Tokoh on 14 Februari 2017

Hamid Fahmy Zarkasyi adalah putra dari salah satu tiga pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo yang bernama K.H. Imam Zarkasyi. Beliau menamatkan pendidikan menengahnya di Pondok Pesantren Gontor dan melanjutkan studi S1 – nya di ISID (Institut Studi Darussalam), Gontor. Kemudian melanjutkan studi S2 di The University of Punjab, Lahore, Pakistan (1986) dan di University of Birmingham, United Kingdom tahun 1998.

S3 – nya (Ph. D) di bidang pemikiran Islam di International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC) IIUM Malaysia (2006). Setelah melanglang buana menuntut ilmu di berbagai negara dan universitas, beliau bersama teman – teman lulusan ISTAC lainnya yang sama – sama berasal dari Indonesia mendirikan pusat pemikiran islam bernama INSISTS (Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations) yang berpusat di Kalibata Utara, Jakarta Selatan. Juga, beliau memimpin MIUMI (Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia
Sikap keilmuannya tercermin dari tulisan – tulisannya yang kritis terhadap paham liberalisme yang sudah lama diharamkan oleh MUI namun tetap berkembang dewasa ini. Murid langsung Prof. Naquib Al Attas ini juga sekaligus memberikan solusi untuk melawan liberalisme, yaitu Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer. Dimana ilmu – ilmu pengetahuan yang berkembang di belahan dunia, diislamkan dengan cara membuang ilmu – ilmu atau paham yang tidak sesuai dengan Alqur’an dan Hadits.
Setelah sekian lama beliau menulis di jurnal Islamia di harian Republika dan majalah Islamia, beliau membukukan tulisannya yang diberi nama Misykat. Sebuah buku yang monumental dimana didalam buku tersebut beliau mengupas habis pemikiran – pemikiran sesat yang oleh MUI disebut sebagai pemikiran SEPILIS (sekularisme, liberalisme, dan pluralisme). Selain memimpin INSISTS dan MIUMI dan aktif menulis di jurnal Islamia, beliau juga ikut mengajar di program Kaderisasi Ulama dan di pasca sarjana ISID Gontor Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *