Albert Einstein

Albert Einstein, Dulu Pemalu Dan Suka Menyendiri

By in Tokoh on 31 Oktober 2017

Ensiklopedia.org – Nama Einsten sebagai ilmuwan fisika termasyur mungkin sudah sangat familiar sekali di telinga setiap orang. Penemu teori relativitas ini lahir di Wuttemberg pada tanggal 14 Maret 1879. Albert Einstein diketahui pernah tinggal di beberapa negara seperti Jerman, Italia, Swiss, Austria, Belgia, Britania Raya, dan Amerika Serikat.

Sukses melebarkan sayap di bidang fisika dengan sejumlah penemuan yang luar biasa, penyumbang mekanika kuantum, kosmologi, dan mekanika statistik ini juga pernah meraih Nobel fisika tahun 1921 atas temuan barunya mengenai efek fotoelektrik.

Istri pertama Einstein bernama Mileva Maric. Namun pernikahannya ini tidak bertahan lama, hingga tahun 1919 ia memutuskan untuk menikah lagi dengan Elsa Lowentha. Einstein dikaruniai tiga anak bernama Lieser, Hans Albert, dan Eduard.

Sosok jenius yang merupakan anak dari pasangan Herman Einstein dan Pauline ini bisa dibilang berasal dari keluarga yang sederhana. Ayahnya bekerja sebagai penjual ranjang burung sebelum menekuni ranah elektronika. Sementara ibunya merupakan keturunan Yahudi.

Einstein kecil dikenal sebagai orang yang pemalu dan lebih suka menyendiri. Selain sulit berbicara, ia pun dijuluki terbelakang oleh lingkungannya. Ketertarikan dengan dunia fisika dimulai saat Einstein berusia 5 tahun yang diawali dengan pemberian kompas oleh sang Ayah. Satu hal yang patut dibanggakan, meski ia terlahir dari keluarga yang pas-pasan, Einstein bisa menggasak prestasi di sekolahnya.

Di umur 21 tahun Einstein muda lulus kuliah dari ETH. Sempat melamar jadi asisten dosen tetapi ditolak, kemudian ia memutuskan untuk menjadi guru SMA sembari mengembangkan bakat dan minatnya pada ilmu fisika.

Berikut beberapa teori yang dicetuskan oleh Albert Einstein :

  1. Relativitas umum dan khusus
  2. Persamaan massa-energi
  3. Teori gerak brown
  4. Persamaan medan Einstein
  5. Statistika Bose-Einstein
  6. Teori medan teroady
  7. Paradoks EPR

Catatan prestasi Albert Einstein :

  1. Hadiah Nobel Fisika (1921)
  2. Medali Matteucci (1921)
  3. Medali Copley (1925)
  4. Medali Max Planck (1929)
  5. Tokoh Time Abad Ini (1999)

Bagaimana? Apakah Anda terinspirasi setelah membaca biodata Albert Einstein sang jeninus penemu teori relativitas di atas?.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *