5 Peristiwa Alam Yang Menajubkan Dan Membahayakan

By in Peristiwa on 24 Maret 2017

Kejadian alam yang terjadi di bumi tak lepas dari campur tangan Allah SWT yang menunjukkan kekuasaan-Nya. Diantara tanda-tanda kebesaran-Nya, kita sebagai manusia dan khalifah di bumi diharuskan berpikir atas apa yang sudah terjadi tak lepas dari kehendak-Nya dan juga harus banyak bersyukur atas segala nikmat yang sudah dikaruniakan.

Berikut kejadian-kejadian alam yang luar biasa.

ANGIN TORNADO

Peristiwa Alam Yang Menajubkan

Tornado adalah pusaran angin berbentuk corong yang kuat dalam skala menengah yang terbentuk dari arus kuat awan gelap yang panjangnya sampai ke permukaan bumi disertai badai angin dan hujan, petir juga rambun/batu es. Jika tornado lewat permukaan air maka akan menarik air ke atas, namun jika lewat daratan maka akan menghancurkan semua yang dilaluinya. Tornado sering disertai dengan hujan petir dan berlangsung biasanya hanya beberapa menit tapi paling lama beberapa jam.

 

GEMPA BUMI

 

Peristiwa Alam Yang Menajubkan

Gempa bumi adalah getaran cepat litosfer yang dibagi menjadi dua jenis berdasarkan penyebabnya yaitu gempa bumi tektonik dan gempa bumi vulkanik. Gempa bumi tektonik dampaknya lebih luas pada manusia, terjadi karena tegangan dalam bagian bumi yang menyebabkan perubahan struktural bumi seperti keretakan tanah. Gempa bumi vulkanik, akibat dari tekanan lava atau lahar gunung merapi yang menekan untuk keluar dari puncak gunung merapi. Sebelum terjadi semburan lava, akan ada gempa bumi dulu.

 

TSUNAMI

 

Peristiwa Alam Yang Menajubkan

Tsunami merupakan gelombang laut yang sangat kuat daya perusaknya. Bawah laut yang mengalami gempa, letusan gunung berapi atau tanah longsor kemungkinan juga dapat mengakibatkan tsunami. Saat gempa bawah laut terjadi, stratum/lapisan dasarlaut mengalami keretakan, sebagian stratum naik atau tenggelam secara mendadak dan membuat semua lapisan dasar laut hingga permukaan mengalami goncangan yang keras. Goncangan yang tidak sama seperti gelombang air biasa, namun sangat mengejutkan dan dapat menerjang dengan keras.

 

LETUSAN GUNUNG BERAPI

 

Peristiwa Alam Yang Menajubkan

Gunung berapi bukan berarti gunung yang menyemburkan api seperti naga. Tapi menyemburkan suatu zat kental bersuhu panas yang tinggi, zat ini disebut magma/lahar. Pemandangan sangat menakjubkan sekaligus mengerikan terjadi saat gunung berapi meletus. Hal ini disebabkan karena suhu yang tinggi dan mendapat tekanan kuat dari kerak bumi, jika daerahnya bercelah maka laharnya akan meluncur dengan cepat ke permukaan. Lahar ini dapat melumerkan bebatuan yang dilaluinya.

 

PERUBAHAN SUHU YANG EKSTREM

 

Peristiwa Alam Yang Menajubkan

Suhu bumi yang tiba-tiba berubah, dari hujan berubah panas dengan sangat cepat. Harusnya musim dingin tapi ternyata matahari terus bersinar dengan panasnya. Sebagian dipengaruhi oleh pemanasan global. Meningkatnya suhu udara dan laut memiliki sejumlah efek pada siklus air, dan ini meningkatkan kemungkinan terjadinya peristiwa cuaca ekstrim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *